selamat Datang

silahkan baca,,silahkan ambil ilmunya semoga bermanfaaat..

Selasa, 06 April 2010

budidaya sayuran organik

budidaya sayuran organik merupakan suatu usaha dalam bidang pertanian untuk mendapatkan sayuran organik bebas dari bahan-bahan kimia dan pestisida. budidaya ini dapat dilakukan oleh semua orang dan dapat dilakukan pada berbagai lahan.

cara kerja
sebenernya budidaya sayuran organik sama dengan budidaya tanaman sayuran lainnya tetapi bedanya dalam perlakuannya. pada budidaya sayuran organik kita tidak menggunakan bahan-bahan kimia serta pestisida. sehingga hasil sayuran bebas dari bahan-bahan kimia dan racun. sedangkan untuk pertanian biasa menggunakan pestisida dan masukan pupuk kimia sehingga dikhawatirkan bahan-bahan tersebut akan terendapakan dalam tubuh tanaman sayuran,akhirnya dikonsumsi oleh manusia.

pengolahan tanah.
pengolahan tanah pada budidaya sayuran organik dapat dilakukan dengan minimum tillage atau maksimum tillage.misalnya dengan dicangkul atau ditraktor.
kemudian tahap selanjutnya dibuat petakan-petakan untuk tempat menanam sayuran.

persiapan bahan tanam.
persiapan bahan tanam meliputi pemilihan bibit yang unggul dengan berbagi uji coba baik mutu fisik, mutu fisiologis, mutu genetiknya, mutu fisik meliputi bentuk benih, warna, tidak keripu, mutu fisiologis daya kecambah benih dan kecepatan berkecambah, mutu genetik yaitu memilki sifat genetik yang unggul hasil persilangan. dan dalam persiapan benih juga dapat dilakukan pemilihan umur benih.

penanaman.
penanaman sayuran yang harus diperhatikan adalah banyaknya biji yang ditanamn dalam satu lubang, jarak tanam antar tanaman agar tidak terjadi kompetisi cahaya. serat waktu tanammnya. jarak tanam bisa 10 x 10 cm agar tidak terlalu rapat.

pemeliharaan.
pemeliharaan pada budidaya sayuran organik ini berbeda dengan sayuran biasa yang membedakan yaitu pemupukan dan pengendalian hamanya. untuk pemupukan kita menggunakan pupuk organik. bisa ditebar saat benih belum ditanam. sehingga pada saat benih tumbuh sudah tersedia kandungan hara dalam tanah.
penggunaaan pestisida diganti dengan pestisida nabati yang lebih ramah lingkungan.

keunggulan
1. bebas dari bahan kimia.
2. sayurannya lebih segar.
3. ramah lingkungan.
4. permintaan pasar besar tapi ketersediaan masih kurang.
5. tidak terikat ketersediaan pupuk kimia karena menggunakan pupuk organik.
6. biaya produksi lebih rendah tetapi harga jual produk tinggi.

selamat mencoba semoga sukses

2 komentar:

  1. lha nek budidaya pupuk organik piye? hehe

    BalasHapus
  2. pupuk organik bukan budidaya tapi membuat pupuk organik......

    BalasHapus